Monday, March 18, 2013

Kriteria negara kaya atau miskin?

Beberapa faktor penentu yang menyebabkan suatu Negara kaya atau miskin adalah:

- Produktivitas
Jumlah produktivitas suatu Negara berperan besar dalam perekonomian suatu Negara. Produktivitas sendiri merupakan bagaimana suatu Negara menghasilkan output. Semakin tinggi output suatu Negara, semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi Negara tersebut. Akan tetapi, produktivitas tidak hanya terkait dengan output yang dihasilkan saja, namun juga terkait dengan proses bagaimana output tersebut bisa dihasilkan, sebab proses merupakan hal yang penting. Proses yang turut mendukung diantaranya:
(1) Tenaga kerja (diukur dengan jam kerja)
(2) Capital (mesin, peralatan, kendaraan)
(3) SDA (sumber daya yang disediakan oleh alam)
(4) Human capital (keahlian, kesehatan)

- Peran pemerintah
Peran pemerintah ikut andil besar dalam penentuan kondisai suatu Negara. Semakin baik peran pemerintah dalam mengelola sumber daya yang ada dalam negaranya, semakin baik pula perekonomian Negara tersebut. Berikut ini merupakan beberapa peran pemerintah dalam mengelola Negara:
(1) Mendorong tabungan dan investasi
(2) Mendorong investasi luar negri
(3) Meningkatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat
(4) Menjaga hak milik/kekayaan dan stabilitas politik
(5) Mengadakan perdagangan bebas
(6) Meningkatkan pengembangan dan penelitian pada pengetahuan sarta teknologi baru

-Penguasaan terhadap teknologi terkini
Tidak bisa dipungkiri, penguasaan terhadap teknologi pada masa sekarang ini merupakan sebuah keharusan yang penting. Dewasa ini, penggunaan teknologi sudah sangat berpengaruh dalam bidang perekonomian, sebut saja penggunaan mesin-mesin baru dalam proses produksi, penggunaan teknologi baru pada mesin-mesin ini dinilai lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan produktivitas.