Thursday, March 21, 2013

Peran pemerintah untuk meningkatkan standar hidup bangsa

Pemerintah memiliki andil besar dalam kemajuan suatu bangsa. Berikut ini beberapa peran pemerintah untuk meningkatkan standar hidup/kesejahteraan:
  • Mendorong tabungan dan investasi.
Merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas di masa depan dengan menginvestasikan sumber daya yang ada saat ini kedalam modal produksi
  • Mendorong investasi dari luar negri. 
Pemerintah dapat meningkatkan pertumbuhan serta akumulasi modal jangka panjang dengan mendorong investasi dari sumber asing.
Beberapa bentuk investasi asing:
Investasi asing langsung: modal investasi yang dimiliki asing dan pengoperasiannya dilakukan oleh entitas asing (cabang perusahaan luar negeri).
Investasi portofolio asing: modal investasi berasal dari luar negeri/asing namun pengoperasiannya dilakukan oleh penduduk local Negara tersebut (penanaman saham).
  • Meningkatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat. 
Pendidikan dan kesehatan masyarakat merupakan asset penting bagi Negara untuk terbentuknya kesejahteraan dan kemajuan ekonomi jangka panjang. Melalui pendidikan, pemerintah berarti menyiapkan masa depan bagi bangsanya, menyediakan human capital masa depan yang berkualitas. Orang-orang yang berpendidikan akan menghasilkan ide-ide baru untuk bangsanya.
Melalui kesehatan, pemerintah berarti menyiapkan manusia-manusia yang berjiwa sehat lahir dan batin bagi bangsanya, seperti yang diungkapkan pada semboyan “mensana in corpora sano”, a healthy mind in a healthy body, didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat.
  • Menjaga hak milik/kekayaan dan stabilitas politik. 
Hak milik merujuk pada kemampuan seseorang untuk menjalankan otoritas atas sumber daya yang mereka miliki. Dengan menjamin keamanan dari hak milik serta kestabilan politik tentu akan mengundang para investor untuk menanamkan modalnya di dalam negeri.
Mengadakan perdagangan bebas.
Melalui perdagangan bebas, Negara-negara akan menghilangkan hambatan masuk suatu produk luar negeri, sehingga, Negara dapat memperluas pasar bagi output atau melakukan eksapansi pasar dengan mudah. Namun yang perlu diperhatikan, perdagangan bebas juga dapat menyebabkan ancaman bagi Negara, misalnya; dengan tidak adanya hambatan masuk produk luar negeri, maka akan mengancam keberadaan atau pasar di dalam negeri, sebut saja membanjirnya produk-produk dari china yang memilika harga bersaing dengan produk dalam negeri. Dengan demikian,pemerintah harus melakukan kebijakan/peraturan tambahan bagi perdagangan bebas agar tidak membahayakan bagi produk-produk dalam negeri.
  • Meningkatkan pengembangan dan penelitian pada pengetahuan serta teknologi baru. 
Kemajuan dalam bidang pengetahuan dan teknologi baru telah menyebabkan/menciptakan standar hidup yang tinggi. Sebagian besar perusahaan pengembang teknologi bari adalah milik swasta atau berasal dari investasi/modal asing. Dengan demikian, untuk mendorong pengembangan teknologi baru tersebut, pemerintah dapat berperan aktif, misalnya dengan pemberian keringanan pajak, hibah penelitian, dan sistem paten.